Metode Konstruksi Kayu Berbingkai Ringan Untuk Membangun Rumah Tinggal

pengantar

Konstruksi rangka kayu ringan adalah metode populer untuk membangun rumah di Amerika Utara. Konstruksi dapat dipecah menjadi empat bagian, pondasi, lantai, dinding, dan atap. Beberapa keuntungan dari metode pembangunan termasuk, memanfaatkan anggota yang lebih kecil untuk membuat komponen besar dan redundansi seluruh sistem. Bangunan dengan kayu juga memiliki kelebihan karena mudah dikerjakan, menampilkan tanda-tanda kelebihan beban, dan merupakan sumber daya terbarukan.

Dasar

Pondasi rumah rangka kayu ringan digunakan untuk menghilangkan beban dari bangunan ke dalam tanah. Pondasi terdiri dari dua bagian pijakan dan dinding. Pondasi adalah bagian pondasi yang menahan beban. Dinding atau dalam beberapa kasus dermaga memanjang dari pijakan ke lantai pertama bangunan.

Pondasi biasanya terdiri dari beton tuang di tempat. Di iklim yang lebih dingin di mana peningkatan es menjadi masalah, pijakan harus diletakkan lebih dalam di tanah kemudian es mencapai. Tujuan dari pijakan adalah untuk mengambil beban berat bangunan di atas dan memindahkannya ke tanah. Di tanah yang lebih lunak, atau di mana beban berat yang besar terjadi, tiang pancang dapat didorong ke tanah di bawah pondasi.

Dinding pondasi digunakan untuk mengangkut beban lantai pertama ke pondasi. Mereka juga dapat membentuk dinding ruang bawah tanah, jika tanah digali di satu sisi. Biasanya terbuat dari beton cor di tempat, beton prefabrikasi, atau blok pasangan bata yang semuanya memiliki kekuatan tekan yang tinggi. Di beberapa iklim yang lebih kering atau dalam konstruksi lama, dinding dapat dibuat dari kayu yang dirawat atau batu-batu besar.

Lantai

Di lantai konstruksi rangka kayu ringan dibangun untuk menahan beban berat penghuni dan dinding. Mereka terdiri dari dua komponen, balok dan selubung. Balok ditempatkan secara merata dan bertanggung jawab untuk menahan sebagian besar beban. Selubung mengisi ruang dan mendistribusikan berat yang ditempatkan di lantai.

Dinding pondasi menahan lantai pertama. Dalam kebanyakan kasus, menjadi tidak efisien untuk merentangkan seluruh jarak antara dinding sehingga balok akan digunakan sebagai tambahan pada dinding. Balok biasanya bertumpu pada takik di dinding pondasi dan memiliki tiang tambahan yang terhubung ke pijakan tambahan di tengah bangunan. Pada setiap lantai kedua dan lebih tinggi, dinding rangka kayu, baik interior maupun eksterior, digunakan untuk menahannya. Dalam beberapa kasus, balok juga digunakan untuk lantai tingkat atas yang menjangkau bukaan besar atau bila ada persyaratan beban berat.

Balok diberi jarak dua belas atau enam belas inci. Mereka dapat dibuat dari kayu gergajian padat atau balok rekayasa. Kayu gergajian dimensi tersedia dalam ukuran 2×8, 2×10, dan 2×12. Beban akan menentukan ukuran yang diperlukan untuk dibawa dan jarak yang mereka tempuh. Balok lantai yang direkayasa menciptakan rasio kekuatan terhadap berat yang lebih tinggi, dapat menjangkau jarak yang lebih jauh dan seringkali membuat lantai jadi yang lebih lurus. Dalam kasus di mana kekuatan yang lebih tinggi diperlukan, dengan kemungkinan beban tambahan atau bukaan di lantai, balok dapat digandakan atau tiga kali lipat untuk memenuhi persyaratan.

Balok kemudian dilapisi dengan kayu lapis, papan untai berorientasi, atau papan kayu solid. Hal ini memungkinkan untuk lantai terus menerus, di mana dinding, penghuni, dan barang-barang lainnya dapat ditempatkan di mana saja. Terpal harus mampu memindahkan beban titik apa pun ke balok, sambil meminimalkan pembengkokan. pasir putih bangka harus diimbangi dan memiliki limpa atau lidah dan alur untuk memastikan kekuatan tidak terganggu. Dalam beberapa kasus di mana penghuni akhir ingin memiliki sedikit pembengkokan lembaran di antara balok, subfloor lembaran tambahan, atau lapisan beton tipis dapat digunakan.

dinding

Dinding di atas tanah dari rumah berbingkai kayu ringan adalah apa yang membentuk ruang hidup dari rumah yang sudah jadi. Biasanya tingginya delapan kaki namun juga bisa lebih tinggi jika diinginkan. Dukungan struktural dinding adalah anggota framing atau kancing dinding. Dinding eksterior juga dilapisi untuk kekuatan geser tambahan. Seluruh dinding dapat dibangun dengan meletakkan rata di lantai, dimiringkan ke atas, dan kemudian diikat ke tempatnya. Dinding mungkin memerlukan penopang sementara sampai seluruh bangunan selesai dibangun.

Kancing dinding yang memikul sebagian besar beban terdiri dari komponen berukuran 2 kali 4 atau 2 kali 6 kali. Kemudian digunakan pada dinding eksterior untuk memungkinkan insulasi tambahan. Kancing ditempatkan secara merata setiap enam belas inci. Mereka juga berorientasi untuk memungkinkan kekakuan maksimum di dinding. Satu atau dua anggota berbaring rata di bagian bawah dan atas dinding. Ini sekali lagi memungkinkan beban apa pun untuk didistribusikan ke lantai di bawahnya.

Meskipun hanya berlaku untuk dinding luar, mereka dilapisi di permukaan luarnya. Ini memberi dinding kekuatan geser dan mencegahnya berubah bentuk dari bentuk persegi panjang aslinya. Terpal dapat berupa berbagai bahan termasuk, kayu lapis, papan untai berorientasi, gipsum eksterior, dan busa kaku. Jenis terpal yang dibutuhkan mungkin tergantung pada kelongsong akhir bangunan.

Sistem Atap

Ada dua jenis atap, nominal datar dan miring. Atap datar nominal dibangun dengan cara yang mirip dengan lantai, namun memiliki kemiringan kecil ke arah saluran air. Atap datar juga harus mampu menahan beban salju dan air yang berat, karena tidak mudah menumpahkannya.

Atap miring lebih umum pada rangka kayu ringan, dan dibangun menggunakan rangka batang. Dari perspektif struktural, atap ini lebih menarik. Tujuan dari rangka adalah untuk mengarahkan beban dari bagian atap ke dinding. Melalui perhitungan yang cermat semua elemen dapat bekerja sama untuk memaksimalkan kekuatan truss. Gulungan biasanya berjarak dua puluh empat inci, dan dilapisi dengan produk kayu lapis. Elemen anti air seperti sirap kemudian ditempatkan di atas terpal untuk mengalirkan air.

Keuntungan Konstruksi Kayu Rangka Ringan

Konstruksi kayu rangka ringan adalah metode populer untuk membangun rumah di seluruh Kanada. Kayu gergajian, kayu lapis dan produk rekayasa tersedia dari pantai ke pantai. Hal ini membuat metode bangunan ini efisien dan hemat biaya, jika dibandingkan dengan konstruksi perumahan lainnya. Juga karena pengulangan dan kesederhanaan metode, arsitek dan tukang kayu dapat menggunakan bagan dan pedoman untuk menentukan ukuran dan persyaratan anggota. Ini sekali lagi hemat biaya karena insinyur tidak diperlukan di setiap rumah.

Elemen sebenarnya yang membentuk rumah besar relatif kecil. Produk kayu dimensional dan plywood semuanya dapat ditumpuk dan diangkut dengan truk biasa. Material dapat dipindahkan di sekitar lokasi dengan forklift semua medan, dan jika perlu dengan tenaga kerja manual. Ini menguntungkan karena dinding besar, dan lantai dapat dipasang di lokasi, dari elemen yang lebih kecil dan mudah ditangani.

Rumah kayu berbingkai ringan adalah sistem yang sangat berlebihan. Jika suatu elemen dihilangkan atau dikompromikan, kecil kemungkinan kegagalan bencana akan terjadi. Misalnya dinding terdiri dari beberapa kancing vertikal. Jika bukaan jendela dipotong tanpa penyangga yang tepat di atasnya, kecil kemungkinan seluruh dinding akan runtuh.

Keuntungan Menggunakan Kayu Sebagai Bahan Bangunan

Membangun dengan kayu cukup sederhana. Gergaji tangan atau gergaji listrik secara efisien dapat memotong anggota menjadi panjang. Pengikatan juga dapat dilakukan dengan cepat dengan paku atau sekrup. Hal ini memungkinkan pembangunan rumah rangka kayu ringan yang sebenarnya dapat diselesaikan tanpa peralatan khusus yang mahal. Ini membantu menekan biaya, dan memungkinkan metode digunakan secara luas.

Kayu adalah bahan yang baik untuk bangunan karena menampilkan banyak tanda jauh sebelum kegagalan. Deformasi, tekukan berlebihan, retak, dan suara retak biasanya akan memberi tahu penghuni bahwa ada masalah struktural dengan bangunan. Meskipun bangunan awalnya dirancang untuk memikul beban yang diperlukan, seiring waktu membusuk, membusuk, dan rayap dapat merusak struktur. Sekali lagi perangkat peringatan yang datang dengan kayu berguna dalam jangka panjang.

Dari sekian banyak metode konstruksi umum, pembingkaian kayu ringan adalah satu-satunya yang memanfaatkan sumber daya terbarukan. Ketika kayu dari hutan yang dikelola dengan baik digunakan, karbon dioksida dihilangkan dari atmosfer. Pada akhir umur bangunan, serat kayu dapat didaur ulang menjadi produk baru atau jika ditempatkan di tempat pembuangan sampah akan terurai dengan cepat karena merupakan produk organik.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.